YouTube adalah salah satu mesin telusur terbesar di dunia. Dengan menulis deskripsi disertai kata kunci, penonton dapat menemukan video Kamu dengan mudah melalui penelusuran. Nah, berikut ini bagaimana cara menulis deskripsi dengan cerdas di video YouTube agar video kamu gampang ditemukan penonton, Loopers.
1. Tulis deskripsi yang dapat ditelusuri
Deskripsi dapat
menyampaikan informasi penting, yang dapat membantu penonton menemukan video
Kamu dalam hasil penelusuran serta memahami apa yang akan mereka tonton.
Deskripsi yang ditulis apik dengan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan
jumlah penayangan dan waktu tonton, karena membantu video muncul dalam hasil
penelusuran.
- Berikan gambaran
tentang video Kamu menggunakan bahasa yang alami, bukan hanya serangkaian kata
kunci.
- Cantumkan kata
kunci yang paling penting di awal deskripsi.
- Identifikasi 1-2
kata utama yang menggambarkan video, dan tonjolkan kata tersebut dalam
deskripsi maupun judul.
- Gunakan Google
Trends dan Perencana Kata Kunci Google Ads untuk mengidentifikasi kata kunci
populer dan sinonimnya. Dengan menyertakan berbagai istilah ini, Kamu dapat
memaksimalkan traffic dari penelusuran.
- Hindari
kata-kata yang tidak relevan dalam deskripsi, karena dapat mengurangi asyiknya
pengalaman menonton video, serta dapat melanggar kebijakan YouTube.
2. Maksimalkan deskripsi
Bidang deskripsi
sangat berguna untuk membantu pemirsa menemukan, mempelajari, dan memutuskan
apakah mereka ingin menonton video Kamu atau tidak.
- Pastikan setiap
video memiliki deskripsi yang unik. Itu membuat video mudah ditemukan melalui
penelusuran, dan membantu menonjolkannya di antara video serupa.
- Gunakan beberapa
baris teks pertama untuk menjelaskan isi video tersebut, dengan menyertakan
kata kunci yang mudah ditelusuri dan bahasa yang mengalir secara alami.
- Gunakan teks
sisanya (yang muncul setelah pemirsa mengeklik "Tampilkan lebih
banyak") untuk memberikan informasi tambahan seperti topik saluran Kamu,
tautan ke media sosial, dan lain-lain.
3. Buat deskripsi yang dapat digunakan penonton
Kolom deskripsi
hanya dapat menampilkan teks, tetapi Kamu dapat membuatnya jadi menarik. Kamu
dapat menambahkan berbagai fitur interaktif yang bisa membantu meningkatkan
jumlah penayangan, menyorot kolaborasi, dan menumbuhkan basis subscriber.
- Gunakan stempel
waktu untuk membantu penonton melompat ke bagian penting dalam video berdurasi
panjang.
- Tautkan ke
playlist yang berisi video terkait.
- Jangan lupa
mencantumkan awalan http:// di depan semua alamat web agar dapat diklik.
4. Ukur efektifitasnya
Cari tahu tampilan
deskripsi Kamu di berbagai laman dan perangkat, beserta performanya di YouTube
Analytics, untuk mengetahui apakah deskripsi tersebut berhasil menarik pemirsa
atau tidak.
- Lihat pratinjau
deskripsi dalam penelusuran YouTube, pada laman tontonan video, dan di berbagai
perangkat seluler untuk memastikan bahwa informasi terpenting dapat dilihat
dengan jelas.
- Bantu video Kamu
muncul dalam penelusuran YouTube. Analytics dapat memberi tahu kata kunci apa
yang membawa orang-orang ke video Kamu. Jika tema utama atau penting dari video
Kamu tidak muncul dalam laporan penelusuran, hal ini mungkin terjadi karena
Kamu tidak pernah menambahkan kata-kata tersebut dalam deskripsi.
Bila Kamu akan
mencari video sendiri, apa yang akan Kamu masukkan dalam bilah penelusuran?
Kata-kata tersebut harus disertakan dalam deskripsi.
5. Beberapa langkah untuk menyiapkan deskripsi video di YouTube
Sumber: Google
Setiap kali
mengupload video baru ke saluran, Kamu akan diminta untuk menulis
deskripsi.Semakin baik Kamu menonjolkan video menggunakan berbagai alat seperti
bidang deskripsi, semakin besar peluangnya untuk sukses di YouTube. Kamu juga
dapat memperbarui deskripsi video dengan mudah bila ingin menambah atau
menghapus informasi di lain waktu.
- Tulis deskripsi
ketika mengupload video baru.
- Menulis
deskripsi yang unik dan spesifik untuk setiap video dapat membuahkan hasil yang
lebih baik.
- Buat deskripsi
default dengan informasi tambahan (seperti deskripsi saluran) yang akan
otomatis ditambahkan pada deskripsi setiap video.
6. Gunakan Hashtag dalam deskripsi video kamu
Gunakan hashtag
terkait (#) pada deskripsi video untuk membantu pemirsa menemukan video Kamu
ketika menelusuri hashtag tertentu. Saat mengupload video, Kamu dapat
memasukkan hashtag (#hashtag #contoh) di judul atau deskripsi video. Hashtag di
deskripsi video adalah tautan yang dapat diklik pengguna untuk membuka laman
hasil penelusuran hashtag yang berisi lebih banyak video terkait subjek
tersebut.
- Tambahkan
hashtag di bagian utama deskripsi untuk membantu pemirsa menemukan video Kamu.
- Pastikan untuk
hanya menggunakan hashtag yang terkait dengan video Kamu. Misalnya, jika
mengupload ulasan film tertentu, jangan tambahkan hashtag yang berhubungan
dengan film lain atau film populer, aktor, atau topik yang tidak terkait untuk
menipu pemirsa agar jumlah penayangan meningkat.
- Sedikit usaha
akan berdampak besar -- jangan penuhi bagian deskripsi dengan hashtag. YouTube
akan mengabaikan semua hashtag jika video memiliki lebih dari 15 hashtag.
- Hashtag sangat
bermanfaat jika digunakan dengan konten yang sedang tren, misalnya acara
mendatang atau orang-orang yang sedang dibicarakan. Ini memastikan bahwa
pemirsa yang mencari video terkait topik yang sedang tren menemukan berbagai
konten yang sesuai.
7. Deskripsi yang cocok untuk pengiklan
Pengiklan dapat
memilih untuk menargetkan video yang berisi istilah dan kata kunci khusus pada
judul, deskripsi, atau tag, agar video menjangkau penonton yang diinginkan. Pengiklan
juga dapat menggunakan istilah dan kata kunci untuk tidak mengikutsertakan
konten yang tidak sesuai dengan brand mereka.
- Buat judul, tag,
dan deskripsi yang akurat - Yang terpenting, metadata harus menjelaskan konten
video Kamu secara akurat
- Setiap kata
berarti - Video yang berisi kata-kata yang tidak sopan, kontroversial, atau
istilah bernuansa seksual dapat membuat sejumlah pengiklan batal menyertakan
video Kamu dalam kampanye mereka.
- Kata-kata dapat
disalah artikan - Pengiklan sering kali memilih untuk tidak menyertakan
beberapa kata atau frasa tertentu. Pertimbangkan bagaimana judul, tag, dan
deskripsi Kamu akan diinterpretasikan oleh pengiklan.
No comments:
Post a Comment